by

INVESTASI

INVESTASI

Investasi adalah suatu istilah atau terminologi dari  beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Terminologi  tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Dengan sebutan lain, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Beberapa produk investasi dikenal sebagai efek atau surat berharga. Definisi efek adalah suatu instrumen bentuk kepemilikan yang dapat dipindah tangankan dalam bentuk surat berharga, saham/obligasi, bukti hutang (Promissory Notes), bunga atau partisipasi dalam suatu perjanjian kolektif (Reksa dana), Hak untuk membeli suatu saham (Rights), garansi untuk membeli saham pada masa mendatang atau instrumen yang dapat diperjual belikan.

Keuangan (finance) menelaah secara seksama mengenai  bagaimana individu, bisnis, dan organisasi meningkatkan, mengalokasi, dan menggunakan sumber daya moneter sejalan dengan waktu, dan juga menghitung risiko (risk)  dalam menjalankan proyek atau usaha (business)  tertentu. Istilah KEUANGAN  mengandung beberapa pengertian, yaitu:

–       Ilmu keuangan, dan asset lainnya;

–       Manajemen asset tersebut;

–       Menghitung, dan mengatur risiko proyek;

Suatu dilematika adalah selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), atau ketertiban hukum.

Batasan makna atau pengertian atau definisi  “investasi” identik dengan “penanaman modal”. Pengertian dan Jenis Penanaman Modal Investasi, yaitu  “penanaman uang disuatu perusahaan atau perseroan (badan usaha) untuk mencari keuntungan (profit)  atas sejumlah uang atau dana yang ditanam (diinvestasikan)”.  Penanaman modal adalah segala  bentuk kegiatan mananam modal baik dalam bentuk  Penanam Modal Dalam Negeri” maupun “Pananam Modal Asing” untuk melakukan usaha di wilayah/negara Republik Indonesia.

Dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif dan mendorong semangat para investor untuk berinvestasi di Indonesia, maka kebijakan POLITIK HUKUM Pemerintah yang berkaitan dengan   penyelesaian sengketa (despute)   sebagai upaya untuk memperoleh kepastian hukum dalam berinvestasi (penanaman modal), yaitu  Pemerintah Republik Indonesia telah meratifikasi “Convention on the setlement of investment dispute beetwen states and nationals of other satate” dikenal sebagai “Konvensi Washington”,  dengan dikeluarkannya  Undang – Undang  Nomor 5 Tahun 1968.   Tindak lanjut dari konvensi tersebut adalah dengan dibentuknya “Lembaga Penyelesaian Sengketa Antar Penanam Modal Dengan Pemrintah” yang dikenal dengan “The international center for the settlement of investment disputes” (ICSID). Kewenangan yurisdiksi Dewan Arbitrase ICSID ditentukan oleh 3 (tiga) unsur utama, yaitu:

  1. Sengketa harus muncul secara langsung dari penanaman modal;
  2. Yang bersengketa harus negara anggota ICSID;
  3. Harus ada pernyataan tertulis dan kesepakatan dari kedua belah pihak yang bersengketa.

 

Created  and Posted By:
Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002

Appe Hamonangan Hutauruk
I will serve the Lord where I am today

 

 

About Author: Appe Hamonangan Hutauruk

Gravatar Image
Appe Hamonangan Hutauruk selaku Penulis tunggal pada Website: "https://BERITAPOPULER.ID" adalah seorang "Pegiat Penegakkan Hukum dan Hak Asasi Manusia" serta "Pemerhati Sosial Kemasyarakatan" yang berprofesi sebagai Advokat (Advocate), Konsultan Hukum (Legal Consultant) dan Dosen (lecturer) pada salah satu Universitas swasta di Jakarta, selain itu juga menduduki jabatan sebagai Ketua Umum pada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama "Komunitas Masyarakat Anti Korupsi dan Penggelapan Pajak (KOMAKOPEPA). youtube.com/c/BeritaHukumKebijakanPublik

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed